Penanganan awal untuk permasalahan tersebut adalah dengan melakukan pengecekan setelan Nomor Referensi. Berikut langkah-langkah untuk pengecekan setelan nomor referensi.
- Batalkan transaksi yang masih terbuka
- Klik [Setting] pada menu bar, lalu klik [Setup Program]
- Klik [Nomor Referensi] di sebelah kiri, lalu klik [Set Nomor Referensi Jurnal] di sebelah kanan seperti pada gambar
- Perhatikan kolom Keterangan dan Nomor Jur. Kolom keterangan adalah menu, dan kolom nomor jur adalah nilai nomor referensi. Nilai pada kolom nomor jur adalah nilai yang akan dipakai di nomor referensi saat input transaksi berikutnya. Ubah nilainya jika nilai tersebut memang sudah pernah terpakai, ganti dengan nilai yang belum terpakai.
- Apabila sudah silakan klik tombol [Rekam], lalu klik [Rekam]
- Selanjutnya klik [File] - [Alat Bantu] - lalu klik [Reset Nomor Index] - klik [Ya]
- Selesai. Silakan coba input transaksi kembali
Apabila langkah-langkah solusi di atas sudah dilakukan dan nomor referensi masih berwarna merah saat input transaksi, maka lakukan solusi berikut.
Perhatian! Solusi berikut hanya untuk Zahir Accounting 6 saja
- Download file SQL (terlampir)
- Backup database terlebih dahulu. Agar jika terjadi kesalahan, data master tidak hilang
- Buka database zahir seperti biasa
- Pada tampilan utama, klik [File] - arahkan pada menu [Alat Bantu] - klik [SQL Script Executive]
- Jika muncul form login dimintai username & password, isikan username: user & password: admin. Jika tidak muncul form login, lanjut ke langkah berikutnya
- Klik [Load From File], kemudian cari file SQL yang telah di download, lalu klik [Open]
- Klik [Execute/F9]
- Klik [Selesai]
Semoga solusi dari kami dapat membantu.
Terima kasih telah percaya menggunakan produk software akuntansi Zahir Accounting.
Klik link di bawah untuk mendownload lampiran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar